Memanfaatkan Informasi E-Journal dan SCOPUS untuk Penelitian Ilmiah

Beberapa waktu yang lalu tepatnya pada Senin 23 Mei 2016, Perpustakaan STMIK Sinus bersama perwakilan unsur pimpinan STMIK Sinus yang diwakili oleh Wawan Laksito, YS, S.Si., M.Kom., dan Sri Siswanti, M.Kom., yang mewakili unsur dosen, menghadiri undangan Sosialisasi Pemanfaatan Akses E-Journal dan Scopus di Kampus IV Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi guna mensosialisasikan pemanfaatan jurnal elektronik dan basis data sitasi dan bibliografi SCOPUS

jurnale

Sosialisasi diisi pemateri antara lain “Menjadi Tenaga Ahli Melalui E-Journal” oleh Dr. Dripa Sjahbana dan “Pemanfaatan Basis Data Sitasi dan Bibliografi Scopus & Pengelolaan Referensi menggunakan Mendeley” oleh Dr. Lukman, Ka Sub. Bid Pangkalan data PDII-LIPI.

lukmane

Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan beberapa point penting, diantaranya adalah:

  1. bagaimana mencari informasi yang cerdas dengan memanfaatkan teknologi yang telah tersedia dengan baik dan benar, khususnya informasi untuk melakukan penelitian ilmiah.
  2. memanfaatkan dengan maksimal jurnal elektronik yang telah dilanggan Kemenristekdikti, yaitu PROQUEST dan CENGAGE
  3. mengelola sumber referensi dengan menggunakan tools Mendeley

Selain jurnal elektronik, tahun 2016 Kemenristekdikti juga melanggan SCOPUS. Beberapa manfaat informasi dari SCOPUS antara lain dapat membantu peneliti memetakan rencana penelitian yang akan dilakukan, melihat peringkat publikasi internasional perguruan tinggi, dan membantu menghubungkan dengan ahli di bidang kajian tertentu.

Dijelaskan pula bahwa SCOPUS dapat digunakan untuk mencari jurnal, dan jurnal tersebut dapat dilihat secara keseluruhan jika sumber merupakan Open Access dan jika tidak maka hanya bagian abstrak yang dapat dilihat. SCOPUS juga dapat digunakan untuk melihat jurnal yang memiliki kemiripan dengan jurnal yang diinginkan, siapa saja yang mensitasi jurnal tersebut serta melakukan perbandingan antar jurnal maupun institusi.

Untuk mendapatkan akses ke E-Journal yang telah disediakan, silakan akses ke alamat http://simlitabmas.dikti.go.id/ejournal/Default.aspx 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *