Mencari Referensi Ilmiah

Tidak jarang mahasiswa kesulitan mencari buku untuk referensi kuliah, penelitian maupun karya tulis. Jika  buku acuan yang dimaksud tidak terdapat di perpustakaan masih banyak sumber lain yang bisa kita manfaatkan. Salah satunya melalui internet.

1. Modul Kuliah

Selain materi kuliah yang bisa didapatkan dari dosen masing-masing, kita juga bisa mendapatkan modul-modul kuliah dari  internet sebagai pelengkap referensi. Dari modul-modul kuliah yang  tersebar di internet ada yang penjelasannya mudah dipahami dan  ada pula yang kurang. Biasanya hal ini bisa dimanfaatkan mahasiswa dikala mendapat tugas dari dosen.

Mencari modul kuliah melalui Google

Sebagai contoh jika kita ingin mendapatkan literature atau referensi untuk mata kuliah Pemrograman Jaringan. Gunakan kata kunci “Modul Pemrograman Jaringan” maka akan tertera banyak link yang mengarah ke modul-modul dalam format file PDF atau DOC yang dapat kita unduh. Pastikan kita mengunduh file dari web suatu institusi pendidikan akademik, yaitu web yang alamatnya berakhiran dengan “ac.id” karena biasanya literature atau modul tersebut ditulis oleh dosen pengampu matakuliah di institusi pendidikan akademik tersebut.

2. Proyek Akhir

Bagi anda yang sedang mengerjakan makalah proyek akhir, baik Tugas Akhir, Kerja Praktek maupun Skripsi, tidak perlu bingung jika kebetulan referensi untuk topik yang anda ambil sangat terbatas di perpustakaan.

Banyak sekali referensi penelitian yang dapat ditemukan di internet. Dari judul sampai dengan contoh makalahnya.

Untuk contoh-contoh judul Kerja Praktek, Skripsi, maupun Tugas Akhir dapat dilihat di web Perpustakaan Sinus ini. Selain itu Anda bisa juga mencari via Google jurnal-jurnal atau repositori dari sejumlah Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.

Lalu bagaimana caranya bilamana anda sedang ingin mencari referensi untuk Bab – Bab  dari makalah yang sedang anda kerjakan?

Mudah!

a. Bab berapa yang ingin anda cari?

b. Apa topik/ judul yang sedang Anda kerjakan?

Cari di mesin pencari seperti Google, dengan kata kunci yg sesuai dengan 2 point diatas

Contoh:

Bab I Sistem Penunjang Keputusan dengan Android

hasilnya

search1

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *